image

DERMAJI.DESA.ID – Wilayah RW 1 Desa Dermaji, Selasa (31/5/2016) dicanangkan sebagai Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB). Pencanangan dilakukan oleh Plt. Camat Lumbir, Eri Pramono yang ditandai dengan pemukulan kenthongan.

Lebih dari lima ratus orang hadir pada acara pencanangan yang dilaksanakan di Balai Desa Dermaji itu. Mereka berasal dari unsur Muspika Kecamatan Lumbir, Puskesmas, PLKB, PPKBD, Bidan Desa, Kepala Desa sewilayah Kecamatan Lumbir,  BPD, RT, RW, Kader PKK, Kader Posyandu, dan tokoh masyarakat.

Selain itu hadir pula Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas, Erna Achmad Husein, dan Kepala Bapermas PKB Kabupaten Banyumas, Thaefur Arofat.

Dalam sambutan pengantarnya, Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho, mengatakan kriteria utama dalam memilih dan menentukan suatu wilayah untuk dijadikan Kampung KB adalah pertama, jumlah keluarga Pra Sejahtera dan Keluarga Sejahtera 1 (keluarga miskin) masih diatas rata-rata. Dan yang kedua, jumlah peserta KB masih  dibawah rata-rata.

“Wilayah RW 1 dibandingkan dengan wilayah RW lain kepesertaan KB nya masih di bawah rata-rata, sehingga RW 1 yang kita jadikan sebagai Kampung KB. Lalu berdasarkan kesepakatan kita namai Kampung KB Munggang Wungu”, jelas Bayu.

Bayu melanjutkan Kampung KB dibentuk  untuk meningkatkan kualitas hidup manusia melalui program-program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga.

“Kampung KB adalah komitmen Pemerintah Jokowi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program kependudukan, KB, dan pembangunan keluarga”, lanjut Bayu.