Selamat Datang di Laman Informasi Museum “Naladipa” Desa Dermaji

 

Museum ini digagas Pemerintah Desa Dermaji pada tahun 2013, dengan tujuan untuk menjadi sarana dokumentasi sejarah dan ruang belajar publik agar tidak melupakan kearifan masyarakat desa dengan berbagai pengetahuan sosial yang terlihat dari benda-benda koleksi museum. Museum Naladipa terbuka untuk umum.

 

Facebook page : @MuseumDesa
Twitter : @MuseumNaladipa

Tahun Berdiri

Benda Koleksi

Pengunjung

Benda Koleksi Museum Naladipa

Tidak ada pos yang ditemukan.

Peresmian Museum Naladipa, 2013

Museum Naladipa Dermaji diresmikan pada bulan Juni 2013, dalam rangkaian acara Festival Pusaka Desa. Peresmian ini secara simbolik dilakukan oleh Wakil Bupati Banyumas, dr. Budhi Setiawan, didampingi Kepala Desa Dermaji, Camat Lumbir dan para tokoh masyarakat desa.

Anak-anak Dermaji Belajar di Museum

Selain sebagai media penyimpanan benda-benda tradisional dan dokumentasi desa, Museum Naladipa juga berfungsi sebagai tempat pembelajaran luar kelas bagi para siswa, terutama di Sekolah-sekolah Dasar di Desa Dermaji.

Para pelajar yang merupakan generasi masa depan dikenalkan dengan cerita penggunaan peralatan tradisional dan perubahan sosial yang menyertainya. Kedepan, tidak menutup kemungkinan, kunjungan “study tour” dari sekolah-sekolah lain di luar Desa Dermaji.

Pengunjung dari Jayapura, Papua

Awal 2016 lalu, Museum Naladipa Dermaji juga kedatangan tamu, pengunjung dari Jayapura Papua. Jauh-jauh dari Papua berkunjung ke Dermaji dalam rangka audiensi terkait pemanfaatan teknologi informasi serta pelestarian budaya.

Facebook @MuseumDesa