Sosialisasi Program Pamsimas di Auala Desa Dermaji

Sosialisasi Program Pamsimas di Auala Desa Dermaji

Warga Desa Dermaji, khususnya warga Dusun I sangat antusias menyambut Program Pengelolaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). Hal tersebut terlihat dalam acara Sosialisasi Program Pamsimas yang digelar di Balai Desa Dermaji, Jumat (8/5/2015).

Bambang Karyono, Ketua RW 3 menyatakan masyarakat di wilayah RW 3 sangat menunggu-nunggu tersedianya air bersih yang mudah dan murah. Selama ini, lanjut Bambang, untuk mendapatkan air bersih, masyarakat harus pergi ke sungai yang jaraknya cukup jauh atau dengan mengambil air dari mata air melalui selang. Setiap hari, masyarakat  harus membersihkan selang. “Ini tidak efektif,” kata Bambang.

Sosialisasi dilakukan oleh District Coordinator Program Pamsimas Kabupaten Banyumas, (Agus Cholid), Ketua DPMU (Supriyanto), dan fasilitator masyarakat (Agus dan Patmini). Sedangkan peserta sosialisasi yang hadir adalah para perangkat desa, anggota BPD, pengurus LPMD, pengurus PKK, kader posyandu, bidan desa, para ketua RW dan RT, tokoh masyarakat, dan perwakilan masyarakat.

Supriyanto mengatakan untuk tahun 2015 ini ada 8 desa di Kabupaten Banyumas yang menerima Program Pamsimas dengan anggaran dari APBN. Desa Dermaji menjadi salah satu penerima program. Karena itu, menurut Supriyanto, kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

Pamsimas merupakan program dan aksi nyata pemerintah untuk meningkatkan penyediaan air minum, sanitasi, dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Aksi nyata ini secara khusus bermaksud menurunkan angka penyakit diare dan penyakit lainnya yang ditularkan melalui air dan lingkungan.

Program Pamsimas memiliki empat tujuan. Pertama, meningkatkan praktik hidup bersih dan sehat di masyarakat. Kedua, meningkatkan jumlah masyarakat yang memiliki akses air minum dan sanitasi yang berkelanjutan. Ketiga, meningkatkan kapasitas masyarakat dan kelembagaan lokal dalam penyelenggaraan layanan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat. Keempat, meningkatkan efektivitas dan kesinambungan jangka panjang pembangunan sarana dan prasarana air minum dan sanitasi berbasis masyarakat.

Setelah acara sosialisasi selesai, agenda selanjutnya adalah pembentukan kelembagaan yang akan melaksanakan Program Pamsimas. Kelembagaan yang dibentuk yaitu, Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM), Satuan Pelaksana (Satlak), Tim Pengadaan, serta Badan Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (BP SPAMS). Acara pembentukan kelembagaan dipandu oleh Sekretaris Desa Dermaji, Maryanto.