DERMAJI.DESA.ID – Seiring berjalannya waktu, pandemic covid-19 sampai saat ini belum bisa dikatakan selesai, virus corona berkembang menjadi berbagai macam varian. Untuk menimbulkan kekebalan kelompok terkait Covid-19, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, diantaranya adalah vaksinasi kepada warga masyarakat.

Kepala Puskesmas Lumbir, dr. Mahar Barlian, dalam sosialisasinya berharap agar setiap keluarga maupun individu berani untuk jujur dan mau melakukan testing. Sehingga tahu dengan status kesehatannya, dan ketika terpapar, dapat ditangani dengan cepat dan selanjutnya untuk bersedia ikut program vaksinasi.

“Beberapa kelompok yang lebih berisiko terinfeksi virus corona adalah orang tua,  orang dengan kondisi sistem imun yang lemah, dan anak-anak yang belum divaksin” kata dr. Mahar menegaskan.

Untuk itulah, Pemerintah Desa Dermaji bekerja sama denga Puskesmas Lumbir menggelar vaksinasi untuk lansia, kader Posyandu dan masyarakat umum di Balai Desa Dermaji pada Sabtu, 14 Agustus 2021. Jumlah dosis vaksin yang  di berikan sejumlah 330 dosis yang semuanya diperuntukan untuk warga Desa Dermaji. Kegiatan ini merupakan program dari Puskesmas Lumbir untuk mencapai target kekebalan komunal di wilayah Kecamatan Lumbir umumnya dan Desa Dermaji khususnya.

Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho, dalam pengantarnya  juga menegaskan tentang pentingnya vaksinasi dan tetap menggunakan makser. “Supaya Anda terhindar dari infeksi Covid-19, jangan lupa untuk selalu menggunakan masker, meski Anda sudah mendapat suntikan vaksin Covid-19. Apalagi, jika Anda berada di tempat umum dengan risiko penularan Virus Corona yang cukup tinggi. Mendapat suntikan vaksin akan membuat tubuh Anda lebih terlindungi. Saat terinfeksi virus corona pun, vaksin akan menurunkan risiko kematian dan tingkat keparahan penyakit tersebut”tegas Bayu.

Kegiatan vaksinasi dimulai pukul 08.00 WIB dan selesai pukul 15.30 WIB. Antusiasme warga dan koordinasi petugas yang baik, kegiatan dapat berjalan lancar dengan hasil maksimal. Sampai akhir kegiatan, tercatat 325 orang telah di suntik vaksin Covid-19 yang terdiri dari Vaksin Sinvac dan Astrazeneca. (Yhon Ctgl)

0 Shares