Peserta musrenbang tengah berdiskusi kelompok

DERMAJI.DESA.ID – Pemerintah Desa Dermaji, Selasa (15/5/2018) menggelar acara musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) untuk menyusun dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) 2018 – 2024. Musyawarah dilakukan di Pendopo Desa Dermaji yang dihadiri oleh, Kepala Desa, pimpinan dan anggota BPD, Tim Penyusun RPJMDes, KPMD, Perangkat Desa, para ketua RT dan RW, Kader Perempuan, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda.

Musrenbang kali ini adalah puncak dari kegiatan berbagai musyawarah penggalian gagasan yang sudah dilakukan sebelumnya sejak bulan Maret, baik musyawarah dusun maupun musyawarah dengan berbagai kelompok masyarakat.

Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho dalam sambutan pengantarnya mengajak para peserta untuk berpartisipasi secara aktif dalam musyawarah.

“Saya sangat berharap forum ini menghasilkan gagasan-gagasan yang cemerlang sehingga dapat mendorong kemajuan desa Dermaji secara lebih cepat lagi. Cermati betul hasil dari penggalian gagasan yang sudah dilakukan, dan jangan ragu untuk menyampaikan gagasan-gagasan baru yang mungkin belum terdokumentasikan dalam daftar program serta kegiatan yang sudah dibagikan”, jelas Bayu.

Musrenbang dilakukan dengan cara diskusi kelompok. Ada empat kelompok diskusi sesuai dengan bidang-bidang yang ada di dalam dokumen RPJMDes. Ada bidang penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat. Masing-masing kelompok membahas berbagai program dan kegiatan yang ada dalam bidang-bidang tersebut.

Selain menyepakati berbagai daftar program dan kegiatan, musyawarah menghasilkan beberapa poin penting seperti, perlunya Pemerintah Desa melakukan optimalisasi terhadap pengelolaan aset desa, perlunya pendidikan ideologi Pancasila bagi warga, perlunya mendorong pengembangan seni budaya banyumasan, serta perlunya pembentukan layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus.