Pelatihan Penyusunan RPJMDes Dermaji

DERMAJI.DESA.ID – Desa Dermaji Kecamatan Lumbir, pada bulan Maret ini tengah disibukkan oleh kegiatan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) tahun 2018 – 2024. RPJMDes adalah dokumen rencana pembangunan desa yang berlaku untuk masa waktu 6 tahun ke depan. RPJMDes menggambarkan secara tertulis visi desa masa depan yang diinginkan, lengkap dengan berbagai program serta kegiatan yang akan dilakukan. RPJMDes disusun melalui beberapa tahapan, mulai dari sosialisasi, pengkajian keadaan desa, penyusunan dokumen, hingga penetapan dokumen melalui peraturan desa.

Agar proses penyusunan RPJMDes bisa dilakukan dengan baik, Pemerintah Desa Dermaji, Kamis – Jum’at (8-9/3/2018) menyelenggarakan pelatihan penyusunan RPJMDes.  

Pelatihan yang dilaksanakan di Pendopo Darmokusumo Desa Dermaji itu diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari tim penyusun RPJMDes, Kader Pembangunan Desa (KPMD), dan Perangkat Desa. 

Dalam sambutan pembukaan, Bayu Setyo Nugroho, Kepala Desa Dermaji menjelaskan, pelatihan bertujuan untuk membekali tim penyusun, sehingga mereka bisa mengawal proses perencanaan dengan baik yang melibatkan partisipasi masyarakat secara optimal.

Bertindak selaku fasilitator dalam pelatihan itu yaitu Susiani, Pendamping Desa Kecamatan Lumbir.

Usai pelatihan, tim bertugas melakukan penggalian gagasan melalui musyawarah di tingkat RW, musyawarah Dusun, dan musyawarah khusus, seperti musyawarah kelompok tani/ternak, musyawarah kelompok pemuda, musyawarah kelompok perempuan, dan lain-lain.