Khotbah idul fitri di lapangan Kubang Aji yang disampaikan oleh Haryoto

DERMAJI.DESA.ID – Umat Islam Desa Dermaji, Minggu (25/6) melaksanakan sholat idul fitri secara serentak di berbagai tempat. Tercatat setidaknya ada lima tempat yang digunakan untuk pelaksanaan sholat idul fitri tahun 2017. Kelima tempat tersebut berada di grumbul Dermaji, Karanggedang, Sirongge, Citunggul, dan Pangkalan.

Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengamalan Agama (LP2A), Sutirno mengatakan, tersebarnya tempat pelaksanaan sholat idul fitri disebabkan karena kondisi geografis Desa Dermaji yang berbukit dan jarak antar grumbul relatif jauh sehingga tidak memungkinkan pelaksanaan sholat idul fitri dilakukan dalam satu tempat.

Menurut Sutirno, dari seluruh tempat pelaksanaan sholat idul fitri yang ada, Lapangan Kubang Aji yang terletak di grumbul Dermaji, menjadi tempat dengan jumlah jamaah terbanyak. Hal tersebut cukup dimaklumi karena sebagian besar kaum muslimin yang berada di wilayah Dusun 1 mengikuti sholat idul fitri di lapangan tersebut.

Sholat idul fitri di Lapangan Kubang Aji dipimpin oleh imam, Kyai Harsiman dan khotib Haryoto, S.Pd. Dalam khotbahnya, Haryoto menegaskan, usai puasa ramadhan, hendaknya kita terus berusaha menjaga agar hati kita terhindar dari hal-hal yang bisa mengotori, sehingga tetap menjadi hati yang selamat atau qalbun salim.

Hati yang selamat adalah hati yang selalu mengingat Allah dan hati di mana saat kita melakukan peribadatan, betul-betul juga hanya karena Allah, bukan karena kepentingan-kepentingan duniawi.

Usai pelaksanaan sholat idul fitri, dilanjutkan dengan salam salaman antar jamaah.