DERMAJI.DESA.ID – Bongkar tamanan atau kolam merupakan salah satu tradisi yang ada di Desa Dermaji yang hingga saat ini masih terus berjalan. Bongkar tamanan adalah istilah yang dipakai warga Dermaji untuk menyebut kegiatan memanen ikan di kolam, yang dilakukan jelang lebaran. Tradisi ini telah berjalan bertahun-tahun.

Kegiatan bongkar tamanan biasanya dilakukan dalam rangka menyediakan lauk pauk berupa ikan air tawar, yang dimasak dan dinikmati bersama-sama keluarga saat lebaran. Ini sekaligus sebagai jamuan terhadap keluarga yang sedang mudik.

Selain untuk keperluan keluarga, sebagian ikan yang dipanen juga dijual. Pembelinya tidak hanya warga Dermaji, tapi juga warga dari desa sekitar, seperti Tayem Timur, Lumbir, dan lain-lain.

Biasanya sejak jam enam pagi para pembeli sudah antri di pinggir kolam yang mau dibongkar, untuk memesan ikan kesukaannya. Ikan yang jadi favorit adalah jenis Gurameh, Bawal, dan Nila.

Desa Dermaji memang memiliki potensi budidaya ikan air tawar yang cukup bagus. Ada puluhan kolam ikan yang dimiliki para petani ikan Dermaji. Sebagian besar kolam tersebut berada di area sepanjang sungai-sungai yang ada di wilayah Desa Dermaji.

78 Shares