Proses assessment program desa broadband terpadu di pendopo Desa Dermaji

DERMAJI.DESA.ID – Tim dari Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Perdesaan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Pertanian Bogor (PSP3 LPPM IPB), Jumat (20/10/2017) melakukan “assessment” dalam rangka pelaksanaan Program Pendampingan Penyelenggaraan Desa Broadband Terpadu Tahun 2017. Tim berjumlah 3 orang dipimpin oleh Doni Yusri yang juga dosen IPB, dengan fasilitator Riza Hariwahyudi dan Putri Puja Rahayu. Proses assessment dilakukan di Pendopo Desa Dermaji, diikuti oleh perangkat desa, perwakilan BPD, ketua LPMD, serta beberapa orang tokoh masyarakat.

Doni dalam sambutan pengantarnya menyampaikan bahwa Program Desa Broadband Terpadu adalah program yang berusaha mewujudkan tatakelola pembangunan nasional berbasis desa. Program akan dilakukan di 222 desa percontohan yang berada di 113 Kabupaten dan 33 Provinsi, termasuk salah satunya Desa Dermaji.

“Dengan Program Desa Broadband Terpadu, desa-desa akan didampingi dalam membangun basis data desa secara digital sehingga akan terwujud satu platform tatakelola desa. Dalam rangka itu, akan dilakukan berbagai kegiatan di antaranya pemasangan akses internet pita lebar di desa-desa percontohan yang dibiayai oleh Kementerian Kominfo melalui BP3TI, pemetaan desa, assessment seperti yang dilakukan hari ini, workhsop bagi 222 Kepala Desa dan pelatihan untuk penyuluh desa”, jelas Doni.

Assessment dilakukan dalam rangka mengetahui kondisi desa khususnya terkait infrastruktur dan sumberdaya manusianya.

%d blogger menyukai ini: