DERMAJI.DESA.ID – Talud yang berfungsi sebagai sayap jembatan Cimencos sebelah selatan pada tahun 2017 ambruk tergerus air. Untuk menghindari kerusakan yang lebih parah yang bisa mengancam keberadaan jembatan, pada tahun ini Pemerintah Desa Dermaji membangun kembali talud yang ambruk tersebut.

Kasi Kesejahteraan Pemdes Dermaji Nasikin mengatakan, pembangunan talud sudah dimulai sejak akhir September 2018. Targetnya akhir Oktober selesai.

Karena tingginya lokasi, pembangunan talud dilakukan dalam dua trap. Trap bawah dengan tinggi 3 meter panjang 10 meter. Sementara trap atas tingginya sekitar 3,5 meter dengan panjang 8 meter.

Pembangunan talud jembatan Cimencos menelan anggaran sebesar Rp. 52.390.000,00. Anggaran tersebut berasal dari Dana Desa tahun 2018.

Jembatan Cimencos dengan panjang 16 meter dan lebar 2,5 meter yang terletak di grumbul Pangkalan Desa Dermaji adalah salah satu jembatan yang cukup penting keberadaannya, khususnya bagi warga di wilayah Dusun 2.

Jembatan tersebut menghubungkan wilayah Kabupaten Banyumas dengan Kabupaten Cilacap. Jembatan yang dibangun pada tahun 2008 melalui program PPK itu juga menjadi jalur ekonomi utama.