Talud Jalan Sirongge

Talud Jalan Sirongge

DERMAJI.DESA.ID – Sebagai upaya mengantisipasi datangnya musim penghujan, pengerjaan talud di Wilayah RT 03 RW 04 Sirongge selesai dikerjakan. Dengan adanya talud yang berada di saluran air deras di sebelah rumah Bapak Taryat, diharapkan, derasnya banjir di saat musim penghujan tidak lagi menggerus badan jalan. Selama ini badan jalan di atas gorong-gorong tersebut nyaris putus karena longsor disisi selatan. Hal ini juga membahayakan para pemakai jalan khususnya sepeda motor.

Pengerjaan tersebut dilaksanakan menggunakan dana bantuan Propinsi Jawa Tengah sebesar   Rp. 50.000.000,- dengan swadya mencapai   Rp. 15.000.000,- dengan tujuan diantaranya :

  1. Mengamankan keberadaan jalan akibat terkikis air terutama pada musim hujan
  2. Meningkatkan dan memperlancar serta memberikan rasa aman bagi kendaraan yang melaju dijalur tersebut.

“Dampak positifnya, saat musim hujan nanti genangan air banjir dari “igir dengkeng” akan lancar mengalir dan tidak tergenang di samping rumah Ketua RT 03 RW 04, Bapak Hendri Turisno” ujar Nasikin, Kasi Pembangunan Desa Dermaji.

Perlu diketahui bahwa, Wilayah RW 04 Sirongge juga telah selesai membangun/rehab jembatan di Tonjong dengan swadaya murni masyarakat, dengan menghabiskan dana sebesar Rp. 8.000.000,-. “Gotong royong yang menjadi ciri khas masyarakat perdesaan menjadi modal dasar pembangunan di wilayah RW 04” kata Sukatmo, Ketua RW 04 Sirongge. (Yhon Ctgl)