Untuk memasyarakatkan budaya gemar membaca, Rabu (10/02/2016) Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusarda) Kabupaten Banyumas bekerjasama dengan Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI) mengadakan sosialisasi Program “PerpuSeru”. Kegiatan Perpuseru ini mengambil tema “Pengembangan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Bersama Terbang Menembus Batas”.

Perpusarda mengundang beberapa instansi terkait yang selama ini aktif dalam pengelolaan perpustakaan. Desa Dermaji termasuk diantara yang diundang, karena dengan adanya Perpustakaan Desa Jagad Aksara, Desa Dermaji dianggap mampu memasyarakatkan gemar membaca di desa.

Kepala Kantor Perpusarda Banyumas, Mas Wigrantoro Noersigit dalam sambutannya mengatakan Perpusarda saat ini sangat terbuka kepada masyarakat. “Kerjasama yang baik antar instansi akan semakin menguatkan perpustakaan. Kegiatan pelatihan ini juga akan diadakan di desa yang memiliki perpustakaan,” lanjut Mas Noersigit.

Dalam pelatihan ini diharapkan :

  1. Peserta memahami Tujuan, Komponen, dan Alur dari Program Perpuseru
  2. Peserta memahami peran dan tanggung jawab sebagai fasilitator pengembangan perpustakaan
  3. Peserta memahami pola kemitraan dalam pengembangan program PerpuSeru

Dalam program PerpuSeru, Perpustakaan dan CCFI bersama-sama mentransformasi perpustakaan : “pusat pembelajaran masyarakat yang berkelanjutan/ berkesinambungan berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat ”

Mengacu Misi program PerpuSeru : Untuk mengurangi kemiskinan informasi dan meningkatkan pendidikan, kesehatan, dan pengembangan ekonomi masyarakat di Indonesia dengan mentransformasi perpustakaan daerah dan desa menuju pusat informasi pembelajaran yang menjawab kebutuhan masyarakat melalui peningkatan akses terhadap teknologi dan layanan yang relevan.

Penerapan teknologi informasi ini diantaranya adalah pelatihan/pengadaan internet, karena dengan Internet akan sangat membantu masyarakat mendapatkan informasi terkini secara cepat.

Perlu digarisbawahi bahwa layanan komputer dan internet bukan untuk menggantikan buku, namun untuk melengkapi informasi yang belum didapat dari buku. Layanan komputer dan internet sangat penting untuk membantu masyarakat mengakses informasi tanpa batas. Perpustakaan dapat memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk masyarakat dengan memaksimalkan penggunaan komputer dan internet.