JambanDERMAJI.DESA.ID – Upaya meningkatkan praktik hidup bersih dan sehat di masyarakat terus digalakan oleh Pemerintah. Termasuk salah satunya di lingkungan sekolah. Sebagai wujud nyata dari upaya mencapai itu, Pemerintah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, baru-baru ini memberikan bantuan untuk pembangunan sarana prasarana sanitasi kepada SD Negeri 3 Dermaji. Jumlah total dana bantuan yang diterima sebesar Rp. 39.071.000,00. Bantuan yang berasal dari DAK Tahun 2015 itu akan digunakan untuk pembangunan jamban.

Pembangunan jamban SD Negeri 3 Dermaji dilakukan secara swakelola oleh Panitia Pelaksana Sekolah (P2S). Ada 4 buah jamban yang dibangun. Lokasinya berada di belakang rumah dinas guru. Jangka waktu pengerjaannya 6o hari kalender.

Naris, Kepala SD Negeri 3 Dermaji menyampaikan rasa syukur karena mendapatkan bantuan untuk pembangunan jamban sekolah. Apalagi jamban yang sudah ada sebelumnya memang sudah rusak parah. Perlu direhab total. “Dengan pembangunan jamban ini, fasilitas sekolah menjadi semakin lengkap”, lanjut Naris (Wiyono).