DERMAJI.DESA.ID – Pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia telah memutuskan bahwa tanggal 1 Ramadhan 1440 H jatuh pada hari Senin, 6 Mei 2019. Dengan pengumuman tersebut, kaum muslimin dan muslimat di Desa Dermaji langsung menyambutnya dengan melaksanakan sholat tarawih pada Minggu malam (5/5/2019), termasuk jamaah Masjid Baiturrahman.

Ratusan jamaah begitu antusias mengikuti sholat tarawih di malam pertama. Seluruh ruang dalam masjid penuh terisi.

Di masjid Baiturrahman, selain sholat tarawih, juga dilakukan kuliah tujuh menit atau kultum usai sholat isya berjamaah dan kuliah subuh pada pagi harinya.

Usai sholat tarawih beberapa jamaah melakukan kegiatan tadarusan Al Qur’an.

Puluhan da’i mengisi kegiatan kultum dan kuliah subuh di masjid Baiturrahman. Mereka adalah da’i dari wilayah Desa Dermaji dan juga dari Pondok Pesantren API Tegalrejo, Magelang.

“Sudah tiga tahun ini kita dibantu oleh santri dari Pondok Pesantren API Tegalrejo dalam kegaiatan dakwah selama bulan ramadhan. Harapannya dengan hadirnya santri dari Tegalrejo, akan memberikan semangat sekaligus mempercepat transfer pengetahuan keagamaan kepada kaum muslimin di Desa Dermaji. Seperti tahun yang lalu, tahun ini juga ada dua orang santri yang membantu kita. Namanya Mas Ahmad dari Brebes dan Mas Sa’ad dari Pekalongan”, jelas Haryoto, pengurus masjid Baiturrahman.

Khusus untuk kuliah subuh, tidak hanya diikuti oleh jamaah Masjid Baiturrahman, tapi juga diikuti oleh jamaah dari masjid dan mushola sekitar.

Masjid Baiturrahman adalah salah satu masjid jami yang ada di Desa Dermaji. Masjid Baiturrahman terletak di komplek Balai Desa Dermaji.

71 Shares