Ribuan Umat Islam Desa Dermaji lakukan sholat iedul fitri di Lapangan Kubang Aji

Ribuan Umat Islam Desa Dermaji lakukan sholat iedul fitri di Lapangan Kubang Aji

Umat Islam Desa Dermaji, Jumat, (17/7/2015), secara serentak melaksanakan sholat ied di 8 tempat. Namun dari berbagai tempat itu, Lapangan Kubang Aji yang berada di wilayah Dusun I menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi jamaah.  Ribuan umat Islam nampak hadir di Lapangan Kubang Aji itu untukmelaksanakan sholat ied. Bertindak selaku imam, yakni Kyai Harsiman (Pimpinan Ponpes Anwarul Huda) dan khotib Haryoto (Kepala UPK Lumbir).

Pada khotbahnya, Haryoto menyampaikan ada 3 pesan ramadhan yang harus dijadikan pelajaran. Pertama, pesan moral, agar kita selalu mawas diri untuk bisa mengendalikan hawa nafsu kita. Kedua, pesan sosial, yakni agar kita senantiasa berempati terhadap kaum fakir miskin. Dan, ketiga, pesan jihad yakni agar kita mengorbankan apa yang kita miliki untuk mencapai keridloan Alloh SWT.

Setelah rangkaian sholat ied dan khotbah sholat ied dilakukan, acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho. Pada sambutannya, Bayu disamping menyampaikan ucapan selamat idul fitri juga mengajak agar kehidupan gotong royong untuk terus dijaga dan dikuatkan karena menjadi modal sosial utama dalam pembangunan desa.

Bayu juga menegaskan bahwa peluang yang diberikan Undang-Undang Desa, yakni dengan adanya kewenangan yang lebih luas serta adanya anggaran yang relatif lebih besar yang diterima oleh desa sekarang ini, harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat desa untuk mewujudkan desa mandiri.

Rangkaian sholat ied di Lapangan Kubang Aji Desa Dermaji ditutup dengan saling bersalaman.