DERMAJI.DESA.ID – Upaya pencegahan stunting (gagal tumbuh) pada anak, terutama di 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) terus dilakukan oleh Pemerintah. Salah satunya adalah dengan cara mendorong desa-desa agar mengintegrasikan upaya pencegahan stunting ini dalam perencanaan desanya.

Terkait dengan hal tersebut, Pemerintah Desa Dermaji bekerja sama dengan TPID Kecamatan Lumbir, Jumat (13/9/2019) melaksanakan kegiatan musyawarah membahas upaya-upaya yang perlu dilakukan dalam mencegah stunting. Musyawarah yang dilakukan di Balai Desa Dermaji itu dikemas dalam acara bertajuk “Rembug Stunting“.

Hadir pada acara tersebut, Kepala Desa Dermaji, unsur BPD, tim dari kecamatan dan puskesmas, bidan desa, tokoh masyarakat, kader Posyandu, kader Pos Paud, dan Bhabinkamtibmas.

Pada musyawarah tersebut, peserta membahas usulan kegiatan yang perlu dilakukan dalam rangka mengoptimalkan pemberian 5 paket layanan dalam upaya pencegahan stunting.

Kelima paket layanan tersebut yaitu, Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Konseling Gizi Terpadu, Sanitasi dan Air Bersih, Perlindungan Sosial, serta Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Diskusi menghasilkan puluhan usulan kegiatan yang akan dibawa sebagai masukan dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa.

Beberapa usulan kegiatan yaitu, pembangunan sarana prasarana air bersih, peningkatan sarana prasrana Posyandu dan Pos Paud, Pelatihan bagi Kader Posyandu dan Pos Paud, Program Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, pengadaan beberapa alat kesehatan, pemberian makanan tambahan bagi anak, pengadaan alat permainan edukatif, pengadaan tempat sampah, penyuluhan kesehatan, dan lain-lain.

6 Shares