Untuk membuka akses jalan Citunggul-Dermaji yang sempat terputus di Legok Petir, Sabtu (20/12) ratusan warga dibantu aparat TNI, Polri dan Pol PP  bergotong royong menyingkiran material longsoran.

Longsor sepanjang 50 meter ini praktis menutup seluruh badan jalan, yang mengakibatkan putusnya akses jalanya tersebut. Mengingat tidak tersedianya alat berat, Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho berkordinasi dengan Babinsa Desa Dermaji Misto untuk membuat laporan kejadian bencana.

Jum’at malam, Aparat TNI dari Kodim dan Koramil Lumbir menghubungi Kepala Desa Dermaji menyatakan kesediaanya ikut membantu warga masyarakat untuk membersihkan material longsor agar jalur tersebut bisa dilewati kembali. Kepala Desa Dermaji langsung menghubungi Ketua RW 05 Citunggul, Edi Turisno, agar mengabarkan kepada seluruh warga masyarakat.

Berkat kordinasi yang baik dan kesadaran bergotong royong yang tinggi, ratusan warga langsung menuju titik longsor. Dengan peralatan cangkul ditambah 2 unit diesel air, warga bahu membahu menyingkirkan lumpur bercampur batu. Semangat warga semakin terpacu ketika aparat TNI, Polri dan Pol.PP datang dan langsung membaur bergabung menyatu.

Akhirnya, tidak sampai memakan waktu satu hari, berkat gotong royong dengan didasari jiwa  kebersamaan antar warga dan perhatian dari aparat TNI, jalan utama Citunggul-Dermaji yang menghubungkan Dusun 2 Citunggul dengan Dusun 1 Dermaji bisa dilewati kembali.