Suasana Sholat Idul Fitri di Lapangan Kubang Aji

Ratusan kaum muslimin dan muslimat Desa Dermaji, Kamis (8/8/2013), mengikuti Sholat Idul Fitri (Sholat Ied) di Lapangan Kubang Aji Desa Dermaji.  Sholat Ied dipimpin oleh Imam, Kyai Harsiman dan khotib Haryoto, S.Pd.  Dalam khotbahnya, Haryoto menyampaikan tema, lima cara memperlakukan hati agar tetap bersih dan suci.

Pada kesempatan itu juga diisi acara sambutan tunggal Kepala Desa Dermaji yang dilakukan sesudah khotbah Idul Fitri.  Dalam sambutannya, Kepala Desa Dermaji menyampaikan ucapan selamat idul fitri dan permintaan maaf kepada masyarakat.  Kepala Desa juga mengajak agar budaya bersilaturahmi dan saling maaf memafkan terus dilakukan sehingga dapat memperkuat sendi-sendi kehidupan bermasyarakat.

Jamaah terlihat begitu khusyuk mengikuti seluruh acara.  Penyelenggara Sholat Ied di Lapangan Kubang Aji adalah Lembaga Pembinaan dan Pengamalan Agama (LP2A) Desa Dermaji.  Sholat Ied di Lapangan Kubang Aji memang telah menjadi tradisi yang dilakukan tiap tahun.

Selain di Lapangan Kubang Aji, Sholat Ied juga digelar di beberapa tempat lain di Desa Dermaji, yakni di Grumbul Karanggedang, Pangkalan, Citunggul dan Sirongge.  Banyaknya tempat penyelenggaraan Sholat Ied di Desa Dermaji karena memang kondisi geografis Desa Dermaji yang berbukit dan bergunung serta jarak antar wilayah grumbul yang cukup jauh sehingga tidak memungkinkan pelaksanaan Sholat Ied dilakukan di satu tempat.