Kunjungan Dosen dan Mahasiswa ST3 Telkom Purwokerto di Desa Dermaji

Kunjungan Dosen dan Mahasiswa ST3 Telkom Purwokerto di Desa Dermaji

Sabtu, (28/03)- Desa Dermaji kedatangan Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom Purwokerto dalam hal ini oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM). LPPM dalah Lembaga yang menaungi Dosen dan Mahasiswa dalam hal penelitian dan pengabdian masyarakat. Dengan pesonal 9 Mahasiswa didampingi oleh 3 Dosen Pembimbing. Kedatangan mereka bertujuan untuk melakukan pemaparan program kerja dan survey data dengan nama Program Partnership ST3 Telkom dan Desa Dermaji.

Diplihnya Desa Dermaji karena Desa Dermaji dianggap sebuah desa yang melek Tehnologi Informasi dengan semangat yang luar biasa. “Orang kota mengerti dan mengenal internet adalah biasa, tetapi kalau orang desa dengan 15 % penduduknya adalah pengguna internet adalah luar biasa” kata Heru Prianto, salah satu dosen di ST3 Telkom Purwokerto. “Apabila program ini berhasil diterapakan di Desa Dermaji, nantinya bisa di tularkan ke desa lainnya” , lanjut Heru.

Diharapkan setelah alat yang menjadi kebutuhan telah tersedia, nantinya bisa digunakan secara aktif agar kegiatan dalam program ini berjalan dengan baik.  Adapun program yang ditawarkan dan dipaparkan oleh Mahasiswa dari ST3 Telkom adalah :

  1. Akses Jaringan Internet
  2. Digitalisasi
  3. Museum Digital
  4. Maintanence Hardware
  5. Pelatihan Web
  6. Cuting stiker

Selain pemaparan oleh mahasiswa, ada juga kegiatan diskusi dengan perangkat desa dan tokoh masyarakat yang hadir pada acara tersebut. Diskusi dilakukan untuk menentukan program yang diprioritaskan dilanjutkan dengan survey data desa oleh para Mahasiswa Telkom.

Hasil dari diskusi tersebut diantaranya hal yang paling dibutuhkan oleh Desa Dermaji  adalah alat penguat signal / jaringan internet. Karena jaringan internet adalah sarana utama untuk memaksimalkan kegiatan Tehnologi Informasi.

Dari seluruh hasil diskusi ini, apa yang menjadi prioritas kebutuhan di Desa Dermaji akan dibuat proposal oleh Mahasiswa ST3 Telkom Purwokerto untuk diajukan kepada Pemerintah. (Yhon Ctgl)

0 Shares