Keripik Talas salah satu makanan olahan yang diproduksi oleh Posdaya Larasati Desa Dermaji

Keripik Talas salah satu makanan olahan yang diproduksi oleh Posdaya Larasati Desa Dermaji

Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Larasati Desa Dermaji, saat ini sedang bergiat mengembangkanusaha makanan olahan dari talas. Produk-produk yang dihasilkan berupa keripik talas, getuk talas, klanting talas dan stik talas.

Ketua Posdaya Larasati, Bambang Karyono mengatakan, pengembangan usaha makanan olahan dari talas memang dilakukan setelah melihat potensi lokal yang ada. Di Dermaji, talas belum dimanfaatkan secara optimal. Padahal jika diolah dengan baik, makanan olahan dari talas rasanya juga tidak kalah lezat dibandingkan dengan makanan olahan dari singkong maupun kentang.

Bambang melanjutkan, bahwa pengembangan usaha makanan olahan dari talas ini sekaligus sebagaiusaha untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Bambang berharap produk makanan olahan dari talas bisa menjadi produk unggulan desa.

“Mudah-mudahan pengembangan usaha makanan dari talas ini bisa meningkatkan pendapatan masyarakat. Dan usaha ini bisa menjadi produk unggulan desa”, ujar Bambang.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, Posdaya Larasati telah melakukan kerjasama dengan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dengan melakukan sewa tempat yang dijadikan outlet produk-produk Posdaya. Letak outlet berada di Jalur Jalan Raya Lumbir. Supartoto, Anggota Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Unsoed mengatakan, dengan adanya outlet yang berada di tempat yang strategis, harapannya, produk-produk Posdaya Larasati bisa lebih cepat dikenal.