PKD Dermaji

Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) Dermaji yang berlokasi di wilayah Dusun II atau tepatnya berada di sebelah Gedung Sekretariat Karang Taruna Bima Sakti III Citunggul, awal tahun 2014 ini mulai difungsikan.  PKD dengan luas bangunan kurang lebih 60 meterpersegi itu, dibangun dengan dana dari APBD Kabupaten Banyumas tahun anggaran 2012.  Nilai bangunannya mencapai 80 juta rupiah.

PKD Dermaji memiliki kapasitas 3 ruang utama.  Satu ruang untuk pendaftaran dan dua ruang lainnya untuk kamar pemeriksaan serta persalinan.  Selain ruang utama ada juga satu ruang untuk kamar mandi.

Waktu pelayanan PKD Dermaji untuk sementara baru bisa dilakukan pada setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu.  Hal tersebut karena masih terbatasnya tenaga kesehatan yang ada.

Dengan telah berfungsinya PKD, diharapkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah Dusun II, yakni yang berada di Grumbul Sirongge, Citunggul dan Pangkalan bisa lebih baik.  Sebab selama ini jangkauan masyarakat Dusun II terhadap tempat-tempat layanan kesehatan relatif cukup jauh.  Jarak ke Puskesmas terdekat lebih dari 7 km dan untuk mencapai Puskesmas tersebut, masyarakat di Dusun II harus melewati perjalanan naik turun gunung serta melewati hutan.  PKD di wilayah Dusun II memang sangat dibutuhkan.

0 Shares