DERMAJI.DESA.ID – Untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera, Desa Dermaji memiliki lima program strategis. Kelima program tersebut yaitu, program peningkatan kualitas hidup masyarakat, program pengembangan usaha ekonomi masyarakat dan pengembangan usaha BUM Desa, program pengembangan kampung ternak kambing, program peningkatan infrastruktur desa, dan program pengembangan desa digital atau desa melek IT.

Demikian disampaikan oleh Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho, pada pidato setelah selesainya pelaksanaan sholat dan khutbah idul fitri di lapangan Kubang Aji Dermaji, Rabu (5/6/2019).

Bayu juga menyampaikan bahwa sebagai masyarakat desa agar bersyukur atas lahirnya UU Desa.

“Sebagai masyarakat desa, sudah semestinya kita bersyukur dengan hadirnya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. UU tersebut telah mengamanatkan pemberian kewenangan yang lebih luas dan lebih jelas, serta anggaran yang lebih besar kepada desa”, jelas Bayu.

“Dengan UU tersebut, kita bisa menyusun mimpi-mimpi bersama kita, kita bisa menuliskan harapan-harapan kita, kita bisa menggali potensi yang kita miliki secara lebih optimal untuk selanjutnya mimpi itu bisa kita wujudkan melalui program dan kegiatan yang dilakukan secara bertahap berdasarkan prinsip gotong royong, partisipatif, transparan, dan akuntabel”, lanjut Bayu.

Pada kesempatan tersebut, Bayu juga menginformasikan besaran dana desa sejak tahun pertama diterima.

“Perlu diketahui bahwa dana desa yang bersumber dari alokasi APBN, yang kita terima, selalu mengalami peningkatan. Pada tahun 2015, kita menerima Rp. 300.815.673,-. Tahun 2016, Rp. 680.034.552,-. Tahun 2017, Rp. 867.755.698,-. Tahun 2018, Rp. 1.300.476.000,-. Dan pada tahun 2019 ini sebesar Rp. 1.435.387.000,-“, ungkap Bayu.

Bayu mengatakan, dana desa sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Ada percepatan pembangunan, terutama pembangunan infrastruktur.

“Memang untuk Desa Dermaji sendiri, prioritas masih untuk pembangunan infrastruktur. Dalam APB Desa, porsi anggaran terbesar masih untuk pembangunan infrastruktur. Tapi ke depan, kita upayakan anggaran untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat, seperti untuk pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, peningkatan kualitas sumberdaya manusia, pemberdayaan ekonomi dan lain-lain, meningkat”, jelas Bayu.

Ratusan kaum muslimin dan muslimat hadir pada acara tersebut.

105 Shares