DERMAJI.DESA.ID – Petani Dermaji di bulan Maret ini sudah mulai panen. Panen perdana dilakukan di komplek sawah Gandasuli dan Julangmangu.

Di komplek Gandasuli padi yang ditanam sebagian besar adalah varietas Hibrida Sembada. Sementara di Julangmangu, varietas Hibrida Mapan 05.

Petugas Penyuluh Lapangan Pertanian (PPL Pertanian) Kecamatan Lumbir, Panuju, yang ikut dalam panen perdana menyampaikan, hasil panen perdana tahun ini di Desa Dermaji cukup bagus.

“Untuk panen perdana tahun ini hasilnya cukup bagus meski ada beberapa kasus terkena penyakit blast atau patah leher. Mudah-mudahan sampai akhir panen tetap bagus”, jelas Panuju.

Panuju melanjutkan, hasil panen dari varietas Hibrida Sembada bisa mencapai 9,7 ton per hektar. Sedangkan untuk varietas Hibrida Mapan 05 bisa mencapai 12 ton per hektar. Dari sisi hasil, varietas Hibrida Mapan 05 ini memang masih yang terbaik.

Selain PPL Pertanian, hadir dalam panen perdana tersebut, yaitu Babinsa Desa Dermaji, Misto.

Luas areal sawah di Desa Dermaji sekitar 96 hektar atau 7,4 persen dari total luas wilayah desa, yakni 1.302 hektar. Pada musim tanam ini, setidaknya ada 5 varietas padi yang ditanam petani Dermaji. Kelima varietas itu yaitu, Hibrida Mapan 05, Inpago Unsoed 1, Hibrida Sembada, Ir. 64, dan Ciherang.

90 Shares