DERMAJI.DESA.ID – Curug Wanasuta adalah salah satu potensi alam yang ada di Desa Dermaji. Curug tersebut berada di dalam wilayah hutan negara yang dikelola oleh Perum Perhutani. Lokasinya pun cukup strategis berada di jalur jalan Kedunggede – Ajibarang.

Melihat potensi yang demikian, Perum Perhutani bersama LMDH Wana Aji sepakat untuk mengembangkan curug wanasuta, sehingga bisa menjadi salah satu tujuan wisata di Banyumas. Kesepakatan dilakukan dalam pertemuan antara Ketua LMDH Wana Aji Desa Dermaji, Haryoto dan Kepala KRPH Karangpucung BKPH Lumbir KPH Banyumas Barat, Totok Sugiarto beberapa waktu yang lau.

Setelah kesepakatan, dilanjutkan dengan musyawarah bersama Kelompok Kerja (Pokja) LMDH. Musyawarah membahas berbagai persiapan dan pembenahan yang perlu dilakukan agar di sekitar area curug lebih nyaman lagi bagi pengunjung.

Ketua LMDH Wana Aji, Haryoto mengatakan, memang sudah banyak sekali masukan dari masyarakat agar curug wanasuta dikelola menjadi lokasi wisata alam di Desa Dermaji. Untuk itu kesepakatan yang sudah dilakukan antara LMDH Wana Aji dengan KRPH Karangpucung ini diharapkan menjadi awal yang bagus agar curug wanasuta betul-betul bisa menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi turis-turis dari dalam negeri, bahkan luar negeri di masa mendatang.

Sebagai realisasi dari kesepakatan, dalam satu bulan ini sudah dilakukan berbagai pembenahan di sekitar area curug, seperti pembuatan jalan menuju curug, pembuatan gubug di atas pohon, pembuatan area parkir, dan lain-lain, lanjut Haryoto.