Kuda Kepang Cipta Budaya Sari Bumi

Warga masyarakat RW 002 Karang Duren Desa Dermaji  pada hari ini melaksanakan peresmian jalan lingkungan. Jalan sepanjang 400 M yang menghubungkan jalur utama menuju wilayah karang duren, karang sengon dan lapangan desa Kubang Aji ini telah selesai dia aspal. Dana utama dari ADD sejumlah 21 juta rupiah dan swadaya masyarakat yang mencapai 22 an juta  rupiah.

Dengan menghabiskan 12 Drum aspal, jalan sepanjang 400 M  X 2,2 M ini sebenarnya sudah dibuka untuk sepeda motor pada tanggal 6 Mei 2013 dan khusus untuk mobil baru bisa digunakan/dilewati  tanggal 02 Juni 2013.

Proses pengaspalan yang “hanya” memakan waktu 4 hari dari hari Senin tgl 29 April 2013 sampai dengan Kamis 02 Mei 2013 berjalan dengan lancar dan tanpa kendala yang berarti, kata Rikat Wibowo selaku Ketua Panitia. “Ini semua berkat kerja sama antar panitia dan warga yang selalu semangat mendukung kegiatan ini,” lanjutnya.

Supriyanto, Tokoh masyarakat di Grumbul tersebut mengatakan bahwa untuk selanjutnya dengan kesepakatan warga, pengguna jalan khususnya roda  empat dikenakan restribusi berupa tiket portal yang besarnya Rp. 5000,- untuk mini truck/engkel dan Rp. 3000,- untuk mobil kecil L 300 dan sejenisnya.

Jalan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat desa Dermaji secara umum dan khususnya bagi warga Grumbul Karang Sengon dan Karang Duren.

Bukti antusiasme dan semangat  warga pada  peresmian kali ini adalah dengan ditampilkannya Kesenian tradisional khas Dermaji  yaitu Kuda Kepang “Cipta Budaya” Pimpinan Bapak Kusmiadi Karang Sengon disamping  acara “slametan tumpengan” dilanjutkan dengan makan bersama yang semua biayanya ditanggung oleh swadaya  masyarakat sekitar.

“Mudah-mudahan dengan dibukanya jalan ini akan membawa kemaslahatan dan bisa  meningkatan ekonomi warga,”kata Bapak Wasro Budiwinoto, sesepuh desa yang juga tokoh masyarakat desa Dermaji. Smogaa ……………… (Yhon Ctgl)