IMG_20160109_130237[1]Penguatan sumberdaya manusia menjadi prioritas dalam tata kelola kegiatan dan pembangunan desa. Peran dan fungsi masing-masing pengurus lembaga desa menjadi sorotan terutama dalam hal pelaksanaan kegiatan desa seperti yang diamanatkan dalam Undang-undang Desa No 6 Tahun 2014.  Dengan pelaksanaan dan pengelolaan kegiatan yang baik, kita bisa berharap kesejahteraan masyarakat juga akan semakin baik.

Untuk menambah pengetahuan tentang hal tersebut diatas, Pemerintah Desa Dermaji mengikutsertakan dua orang perangkatnya untuk mengikuti pelatihan Tata Cara Pengadaan Barang dan Jasa yang dilaksanakan oleh Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng Banyumas. Acara yang digelar pada Kamis-Sabtu (07 s/d 09/01/2016) menghadirkan narasumber dari Kemitraan dan Kementerian Perdesaan.

Tujuan dari Pelatihan ini diantaranya adalah :

  1. membangun lingkar belajar antar masyarakat melalui program pengelolaan pengetahuan.
  2. Memadukan peran dan fungsi antar pengurus dalam mengelola sebuah kegiatan.
  3. Mendorong keterbukaan informasi publik melalui pencatan pembukuan dan pelaporan kegiatan.
  4. Mendorong pengembangan ekonomi kreatif di perdesaan.

Bisa disimpulkan bahwa penguatan sumberdaya manusia menjadi prioritas dalam pembangunan desa. Peran dan fungsi masing-masing pengurus dalam sebuah tim dan lembaga mempunyai peran yang sangat penting untuk menentukan tingkat keberhasilan kegiatan.