image

Seiring semakin berkembangnya penggunaan komputer terutama laptop, Pelatihan Komputer Dasar untuk Perangkat Desa masih sangat dibutuhkan. Untuk itu, kemampuan mengoperasikan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan perkantoran sehari-hari kini menjadi tuntutan untuk dikuasai oleh semua individu. Menyikapi hal ini, Pemerintah Desa Dermaji mengadakan Pelatihan Dasar Komputer untuk Peningkatan Kinerja Aparatur Desa.

Kegiatan yang digelar selama 2 (dua) hari Selasa dan Rabu (10-11/05) tersebut difokuskan pada dasar-dasar pengoperasian komputer. Diantaranya pembuatan presentasi elektronik dengan Ms PowerPoint, pembuatan dan pengaturan pengetikan dokumen serta surat dengan Ms Word, pembuatan tabel dan berbagai perhitungan serta grafik dengan Ms Excel.

Bertindak selaku narasumber yaitu Supriyanto, Relawan TIK Banyumas yang juga selaku Agen Perubahan Informatika Desa (API Desa) Kementerian Kominfo.

Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho mengatakan bahwa target pelatihan adalah memberikan pemahaman dan meningkatkan kemampuan Perangkat Desa dalam mengoperasikan komputer dan internet untuk pekerjaan administrasi perkantoran dan layanan umum sehari-hari.

Pelatihan yang diikuti oleh seluruh Perangkat Desa Dermaji yang berjumlah 10 orang berjalan dengan baik dengan progres yang memuaskan. Dengan pelatihan ini Perangkat Desa Dermaji sekarang sudah bisa mengoperasikan komputer yang akan menunjang kinerja dalam pelayanan kepada masyarakat.