DERMAJI.DESA.ID – Perangkat Desa Dermaji, Rabu (12/12/2018) mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi sistem keuangan desa (aplikasi siskeudes) versi terbaru (versi 2.0) yang dibuat oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Pelatihan dilaksanakan di Balai Desa Dermaji. Bertindak selaku tutor, Andi Hermanto yang sekaligus merupakan Sekretaris Desa Parungkamal Kecamatan Lumbir.

Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho mengatakan, pelatihan siskeudes dimaksudkan agar perangkat desa bisa mengetahui dan memahami penggunaan aplikasi siskeudes versi terbaru, sehingga mereka akan terbantu dalam melakukan penatausahaan keuangan desa.

“Aplikasi siskeudes versi terbaru ini banyak sekali perubahannya, mulai dari kode rekening, parameter, sampai fitur-fiturnya. Perangkat desa sangat perlu mengetahui dan memahaminya, sehingga mereka dapat terbantu dalam melakukan penatausahaan keuangan desa. Terlebih lagi pada saat ini desa sudah mulai menyusun APB Desa tahun anggaran 2019”, jelas Bayu.

Aplikasi siskeudes versi 2.0 resmi diluncurkan pada 22 November 2018, di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta. Aplikasi siskeudes versi terbaru ini telah disesuaikan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Melalui aplikasi siskeudes ini, desa akan dimudahkan dalam penatausahaan keuangan desa atau APB Desa seperti untuk membuat laporan anggaran, pembuatan surat permintaan pembayaran, pembuatan surat setoran pajak, dan dokumen penatausahaan yang lain.