JuguranDERMAJI.DESA.ID – Beberapa orang Perangkat Desa Dermaji, Sabtu (30/1/2016) dijadwalkan akan mengikuti acara bertajuk “Juguran Desa Membangun Banyumas”, di Desa Linggasari Kecamatan Kembaran. Juguran Desa Membangun adalah forum lingkar belajar antardesa yang digagas oleh Gerakan Desa Membangun (GDM) Banyumas. Acara ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan “Refleksi 4 Tahun Gerakan Desa Membangun”, yang diselenggarakan di Desa Wlahar Wetan Kecamatan Kalibagor pada akhir Desember 2015. Juguran akan dilaksanakan di kediaman Kepala Desa Linggasari, Tuti Irawati.

Juguran di Desa Linggasari akan diisi dengan diskusi tentang pengembangan potensi desa dan workhsop penulisan berita di web desa melalui ponsel. Acara yang dirancang dalam waktu sehari ini akan dihadiri oleh Sutardjo, Tenaga Ahli Subdit Ketahanan Masyarakat Desa Direktorat PMD Ditjen PPMD Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi sekaligus sebagai narasumber utama. Selain itu akan hadir pula narasumber pendamping yaitu Bayu Setyo Nugroho (Kades Dermaji), Agung Budi Satrio (Pegiat GDM), Jalu Sungging Septivianto (Dewan Kehutanan Nasional), dan Tuti Irawati (Kades Linggasari).

Sejumlah peserta dari beberapa desa yang tergabung dalam jaringan Gerakan Desa Membangun akan hadir pada acara tersebut. Acara juguran juga didukung oleh Gedhe Foundation Purwokerto, organisasi non profit yang fokus pada pengembangan manajemen pengetahuan serta pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk perubahan sosial.