Kepala Desa Dermaji saat melakukan monitoring kegiatan pembangunan Jalan Dermaji – Citunggul

 

DERMAJI.DESA.ID – Memasuki akhir tahun 2016, Desa Dermaji terus bergerak membangun. Dari seluruh kegiatan yang direncanakan di awal tahun, hampir seluruhnya sudah dilaksanakan.

Termasuk kegiatan yang didanai dari Dana Desa. Progres penyerapannya sudah memasuki 70 persen. Targetnya di bulan November ini terserap 100 persen.

Demikian disampaikan oleh Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho, saat melakukan monitoring kegiatan pembangunan Jalan Dermaji – Citunggul yang sumber dananya berasal dari Dana Desa.

Bayu melanjutkan, untuk tahun anggaran 2016, Dana Desa yang diterima oleh Desa Dermaji sebesar Rp. 680.034.552,00 dan saat ini sudah masuk seluruhnya dalam rekening desa.

“Anggaran sebesar itu digunakan untuk pembangunan jalan Dermaji – Citunggul, pembangunan talud Jalan Dermaji – Tipar, pembangunan jaringan perpipaan air bersih Dusun I, pembangunan bak penyaringan air bersih Grumbul Cireang, pembangunan Posyandu Mekarsari, dan pelatihan-pelatihan”.

“Selain disibukkan dengan kegiatan yang bersumber dana dari Dana Desa, Desa Dermaji juga tengah disibukkan dengan pelaksanaan kegiatan pembangunan yang bersumber dari bantuan keuangan kabupaten”.

“Salah satu kegiatan yang anggarannya bersumber dari bantuan keuangan adalah pembangunan jalan Karangjambu – Karangjati. Jalan ini akan dibeton pada tahun 2016 ini, dengan anggaran sebesar Rp. 200.000.000,00”.

Bayu mengatakan, karena keterbatasan anggaran, pembangunan jalan Karangjambu – Karangjati yang panjangnya mencapai 1.100 meter akan dilakukan secara bertahap.

Bayu menargetkan tahun 2017, jalan Karangjambu – Karangjati ini selesai dibangun seluruhnya sehingga bisa menjadi jalan alternatif.

“Jika jalan Karangjambu – Karangjati selesai dibangun, ini bisa menjadi jalan alternatif, sehingga para pengguna jalan tidak harus melewati tanjakan Grumbul Pasir Tenggek yang cukup curam saat mau masuk ataupun keluar Desa Dermaji”.