infografis apbdes dermaji 2016

Pemerintah Desa Dermaji (Pemdes Dermaji), Sabtu (19/3/2016), meluncurkan infografis Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa tahun 2016 (APBDes 2016). Peluncuran infografis dilakukan oleh Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho melalui media sosial Facebook, Twitter dan Instagram. Kepala Desa Dermaji mengatakan infografis menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh Pemdes Dermaji untuk mensosialisasikan APBDes.

“Infografis ini menjadi salah satu cara bagi kami untuk mensosialisasikan APBDes 2016. Tentu cara-cara lain juga terus kami lakukan, seperti sosialisasi pada pertemuan-pertemuan Desa, RW, maupun RT. Dengan infografis masyarakat akan lebih mudah membaca struktur APBDes Dermaji. Selain itu melalui infografis, APBDes terlihat lebih simpel dan lebih menarik untuk dibaca. Sedangkan untuk detail APBDes nya akan segera diunggah di website desa”, jelas Bayu.

Selanjutnya Bayu menambahkan bahwa infografis APBDes dibuat dalam rangka semangat untuk mewujudkan transparansi.

“Salah satu semangat dari Undang-Undang Desa adalah adanya transparansi pengelolaan anggaran. Masyarakat harus tahu berapa pendapatan desa pada tahun  ini. Berapa rupiah yang dari Dana Desa, Alokasi Dana Desa, dan sumber lain. Terus untuk belanja apa saja pendapatan desa tersebut, masyarakat harus tahu. Nah, infografis membantu masyarakat untuk mengetahui dan memahami itu semua dengan lebih mudah”, ungkap Bayu.