Kades Dermaji saat sosialisasi APB Desa Dermaji Tahun Anggaran 2017 di Balai Pertemuan RW 2

DERMAJI.DESA.ID – Pemerintah Desa Dermaji (Pemdes Dermaji) mulai Rabu (25/1/2017) hingga Kamis (2/2/2017) melakukan kegiatan sosialisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2017 (APB Desa 2017). Sosialisasi dilakukan pada malam hari mulai pukul 20.00 WIB di masing-masing Balai Pertemuan RW.

Hingga berita ini ditulis, sudah ada dua wilayah RW yang dijadikan tempat tujuan sosialisasi, yaitu RW 4 dan RW 2. Untuk wilayah RW lain akan dilakukan menyusul.

Di dua wilayah RW (RW 4 dan RW 2), sosialisasi dilakukan langsung oleh Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho. Sosialisasi dihadiri oleh anggota BPD, Perangkat Desa, Ketua RT dan RW, tokoh masyarakat, serta warga masyarakat di wilayah RW.

Bayu mengatakan, sosialisasi dilakukan sebagai wujud komitmen Pemdes Dermaji dalam menerapkan transparansi anggaran. Dengan diadakannya sosialisasi ke tiap RW, Bayu berharap akan lebih banyak warga yang mengetahui APB Desa.

“Sosialisasi APB Desa dilakukan sebagai wujud komitmen kami, Pemerintah Desa, dalam menerapkan transparansi anggaran. Warga harus tahu berapa rupiah pendapatan desa dan digunakan untuk belanja apa saja pendapatan tersebut”, jelas Bayu.

Di tahun 2017, pendapatan desa dermaji ditargetkan mencapai Rp. 2.241.715.437,00. Pendapatan tersebut berasal dari Pendapatan Asli Desa (PAD) sebesar Rp. 84.000.000,00, Dana Desa (DD) sebesar Rp. 867.755.698,00, Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah sebesar Rp. 28.688.030,00, Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp. 661.271.709,00, dan Bantuan Keuangan Kabupaten (Bankeu) sebesar Rp. 600.000.000,00.

Selain pendapatan sebesar lebih dari 2 milyar tersebut, di tahun 2017, APBDesa Dermaji juga terdapat Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA) dari Bantuan Keuangan tahun 2016 sebesar Rp. 970.000.000,00 dan pencairan dana cadangan Pilkades sebesar Rp. 50.000.000,00 yang masuk sebagai Penerimaan Pembiayaan.

Dari jumlah pendapatan ditambah penerimaan pembiayaan kemudian digunakan untuk belanja di 4 bidang kegiatan, yaitu bidang penyelenggaraan pemerintahan, bidang pembangunan, bidang pembinaan kemasyarakatan, dan bidang pemberdayaan masyarakat.

Belanja di bidang penyelenggaraan pemerintahan sebesar Rp. 754.659.739,00 (23%). Belanja di bidang pembangunan sebesar Rp. 2.283.555.698,00 (70%). Belanja di bidang pembinaan kemasyarakatan sebesar Rp. 65.400.000,00 (2%), dan belanja di bidang pemberdayaan masyarakat sebesar Rp. 152.100.00,00 (5%).