Kades Dermaji Serahkan Bantuan Keuangan kepada Lembaga Kemasyarakatan Desa

Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho, Rabu (27/6/2012) memberikan bantuan keuangan kepada Lembaga Kemasyarakatan Desa Dermaji. Pemberian bantuan keuangan dilakukan di Balai Desa Dermaji. Total bantuan keuangan yang diberikan kepada Lembaga Kemasyarakatan Desa untuk Tahun Anggaran 2012 sebesar Rp. 22.425.000,-. Adapun lembaga yang menerima bantuan keuangan tersebut adalah lembaga RT, RW, PKK, Posyandu, Pos Paud, Taman Kanak-kanak, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), Lembaga Pembinaan dan Pengamalan Agama (LP2A), Karang Taruna, Linmas, Forum Kesehatan Desa (FKD), Lembaga Pengelola dan Pembina Posyandu (LPP Posyandu) serta Petugas Pencatat Keluarga Berencana Desa (PPKBD). Sumber dana bantuan keuangan kepada Lembaga Kemasyarakatan Desa seluruhnya berasal dari Alokasi Dana Desa (ADD).

Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Dermaji juga menyerahkan bantuan keuangan untuk peningkatan infrastruktur di wilayah Grumbul atau RW. Untuk Tahun Anggaran 2012 ini, Pemerintah Desa Dermaji menganggarkan bantuan sebesar Rp. 36.000.000,- untuk peningkatan infrastruktur wilayah. Bantuan tersebut seluruhnya bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD). Sasaran bantuan peningkatan infrastruktur wilayah untuk Tahun Anggaran 2012 ditujukan untuk Rehab Jalan Grumbul Karanggedang, Pembangunan Posyandu Grumbul Karangjambu dan Rehab Jalan Grumbul Karangduren. Bantuan diterima oleh panitia pembangunan wilayah Grumbul atau RW.

Disamping penyerahan bantuan keuangan, pada hari itu juga diberikan honor bagi para Ketua RT, Ketua RW, dan Anggota Linmas. Dana untuk honor Ketua RT, RW dan Linmas dengan jumlah total sebesar Rp. 39.000.000, seluruhnya bersumber dari Pendapatan Asli Desa (PAD), yaitu dari janggolan.

Penyerahan bantuan keuangan kepada lembaga kemasyarakatan desa dan honor bagi ketua RT, RW dan anggota Linmas

Dalam sambutannya, Kepala Desa Dermaji mengatakan bahwa pemberian bantuan keuangan kepada lembaga kemasyarakatan desa dan bantuan keuangan untuk peningkatan infrastruktur wilayah maupun honor bagi Ketua RT, RW serta anggota Linmas mengacu kepada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Dermaji Tahun Anggaran 2012 yang telah disusun dan ditetapkan dalam musyawarah desa pada awal tahun anggaran. Selain itu pemberian bantuan keuangan juga mengacu pada Rencana Kerja Pembangunan Desa Tahun 2012. Kepala Desa Dermaji berharap bantuan keuangan yang telah diberikan meskipun sedikit nilainya, bisa mendorong penguatan lembaga kemasyarakatan desa. Acara pemberian bantuan dihadiri para Ketua RT, Ketua RW, Pimpinan dan Anggota BPD, seluruh pengurus lembaga kemasyarakatan desa, perangkat desa dan panitia pembangunan wilayah grumbul. (Pri Yan)

0 Shares