image

Kepala Desa beserta enam orang Perangkat Desa Dermaji, Sabtu (2/4/2016), mengikuti acara bertajuk “Sekolah Desa Membangun”, di Desa Ajibarang Wetan Kecamatan Ajibarang. Acara yang berlangsung sehari itu diselenggarakan di Balai Desa dan dihadiri oleh lebih dari 20 perwakilan desa dari wilayah Kabupaten Banyumas.

Sekolah desa membangun merupakan acara rutin yang diselenggarakan tiap dua bulan sekali. Kegiatan ini diinisiasi oleh Gerakan Desa Membangun (GDM) dan didukung oleh Gedhe Foundation Purwokerto serta Relawan TIK Banyumas.

Sekolah desa membangun menjadi ruang belajar dan berbagi antar desa, yang tujuannya untuk meningkatkan kapasitas Pemerintah Desa dan masyarakat desa dalam penyelenggaraan kewenangan desa.

Pada sekolah desa membangun di Ajibarang Wetan, tema yang diangkat adalah tentang kewenangan desa serta bagaimana teknik menyusun Peraturan Desa.

Acara dibuka oleh Kepala Desa Ajibarang Wetan, Syamsudin dan hadir selaku narasumber yaitu Farid Hadi (Forum Pengembangan Pembaharuan Desa), Eko Purjianto (Kepala Bappeda Banyumas), Sutardjo (Tim Ahli Kementerian Desa), dan Endah Nurdiana (Wahid Institute Jakarta).