Pelatihan Reforma Agraria di Desa Tambaknegara Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas

Pelatihan Reforma Agraria di Desa Tambaknegara Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas

Perangkat Desa Dermaji, Supriyanto dan Wiji Setya Utami, Kamis hingga Jumat (30-31/7/2015), mengikuti sebuah acara diskusi bertajuk “Road Show Konsepsi Reforma Agraria Kehutanan melalui Hak Pengelolaan Desa di Jawa.” Kegiatan diskusi dilakukan di Pendopo Kasepuhan Kalitanjung Desa Tambaknegara Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas. Supriyanto dan Wiji Setya Utami hadir mewakili Pemerintah Desa Dermaji.

Penyelenggara diskusinya sendiri adalah Yayasan Gedhe Nusantara, sebuah lembaga non profit yangbergerak di bidang tata kelola sumberdaya dan manajemen pengetahuan. Diskusi dilakukan sekaligusdalam rangka sosialisasi kebijakan Inventarisasi Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan, dan PemanfaatanTanah (IP4T) dan kebijakan Program Penyerahan Sertifikat Hak Kelola Lahan Hutan kepada Desa.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan diskusi yang dilakukan selama dua hari itu adalah, pertama, adanya rumusan sikap warga desa mengenai konsepsi reforma agraria dan kehutanan di Jawa melalui hak pengelolaan hutan oleh Desa. Kemudian, kedua, adanya rencana tindak lanjut dalam rangka merespon perubahan kebijakan tata kelola agraria dan kehutanan Jawa.

Kegiatan diskusi dihadiri oleh kurang lebih 40 peserta yang melibatkan unsur Pemerintah Desa, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), LSM, serta masyarakat.