penjaringan dan penyaringan perangkat desa

Beberapa Calon Pendaftar Perangkat Desa sedang meminta penjelasan kepada Panitia

Pemerintah Desa Dermaji pada tahun 2012 ini membuka kesempatan kepada warga masyarakat yang memenuhi syarat untuk ikut mengabdi menjadi Perangkat Desa. Ada empat posisi Perangkat Desa yang akan diisi, yaitu Staf Pemerintahan, Staf Pembangunan, Staf Kesejahteraan dan Pemberdayaan Masyarakat (Kesdaya), serta Staf Umum. Pengisian keempat posisi tersebut menyusul pensiunnya empat orang Perangkat Desa, yaitu Tarsono, Kartono, Ruswadi dan Sugiyanto. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 17-20 Oktober 2012.

Merujuk kepada Peraturan Daerah Kabupaten Banyumas Nomor 25 Tahun 2011 yang mengatur Tata Cara Pencalonan, Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa, pengisian perangkat desa dilakukan oleh Panitia Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa (Panitia P3D) yang dibentuk melalui musyawarah desa dan ditetapkan dengan Keputusan Kepala Desa. Panitia P3D dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada Kepala Desa. Dalam Perda tersebut juga disebutkan bahwa proses penjaringan dan penyaringan perangkat desa melewati beberapa tahapan yaitu, seleksi administrasi, tes tertulis, penilaian terhadap tingkat pendidikan dan pengabdian.

Wasito, S.Pd, Ketua Panita P3D, mengatakan bahwa sejak diterimanya SK dari Kepala Desa di awal bulan Oktober ini, Panitia langsung bekerja menyusun tata tertib, anggaran, jadwal kegiatan dan sosialisasi. Sosialisasi dilakukan melalui berbagai cara, seperti lewat surat yang dikirimkan secara resmi kepada semua Ketua RT dan RW yang berisi pengumuman tentang adanya lowongan perangkat desa, penempelan pengumuman di tempat-tempat strategis serta lewat pertemuan-pertemuan di lingkungan RT maupun RW.

Bayu Setyo Nugroho, Kepala Desa Dermaji, dalam sambutan pengarahan kepada Panitia, mengharapkan agar Panitia P3D bisa melaksanakan tugas dengan sebaiknya. Aturan yang ada untuk dipahami dan dijadikan pedoman, sehingga tidak timbul permasalahan dalam pelaksanaan penjaringan dan penyaringan, lanjut Bayu.

Bayu juga mengatakan, bahwa dengan adanya Perangkat Desa yang baru nanti diharapkan dapat memberikan energi baru bagi Pemdes Dermaji. Apalagi Pemdes Dermaji memiliki banyak program yang memang membutuhkan dukungan keseriusan dari Perangkat Desa. Satu diantaranya adalah upaya untuk mempercepat program Dermaji Goes Open Source (DGOS). Program lain yaitu peningkatan pelayanan kepada masyarakat melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Bayu berharap Dermaji bisa menjadi desa dengan sistem administrasi yang modern.

0 Shares