DERMAJI.DESA.ID – Ternak kambing merupakan salah satu potensi unggulan di Desa Dermaji. Hampir seluruh rumah tangga di Desa Dermaji membudidayakan ternak kambing. Jumlah ternak kambing tiap tahun bisa mencapai lebih dari tiga ribu ekor.

Selama ini ternak kambing milik peternak Desa Dermaji banyak dijual di pasar hewan Karangpucung, Kabupaten Cilacap. Pasar hewan Karangpucung yang buka setiap hari Rabu dan Minggu adalah pasar hewan terdekat dari Desa Dermaji.

Di luar hari pasaran, khususnya pada lebaran haji, ternak kambing dari Desa Dermaji juga dijual di berbagai kota besar di Indonesia, termasuk yang terbesar ke kota Jakarta. Setiap tahunnya paling sedikit 500 ekor kambing yang dijual ke kota ini.

Melihat potensi yang besar seperti itu dan untuk lebih menggerakkan ekonomi masyarakat, Pemerintah Desa Dermaji akan mengadakan kegiatan Festival Kambing Desa Dermaji 2018.

Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho menyampaikan, kegiatan festival kambing akan dilaksanakan pada 12 Agustus 2018 di lapangan Grumbul Pangkalan Dusun 2.

Dalam festival tersebut akan dilakukan berbagai macam acara seperti kontes kambing, saresehan, lomba mewarnai, pagelaran dongeng anak, pameran produk desa, dan pameran ragam ternak kambing. Peserta dan pengunjung juga bisa menikmati berbagai kuliner khas Desa Dermaji, serta bisa menikmati hiburan seni tradisional Desa Dermaji.

Bayu melanjutkan, untuk kontes kambing akan dibuat dalam dua kategori umum, yaitu kategori peranakan etawah (PE) dan jawa randu. Sasaran dari kontes kambing adalah para peternak yang ada di Desa Dermaji. Pemenang kontes akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai, piala dan piagam.