DERMAJI.DESA.ID – Pemerintah Desa Dermaji bekerjasama dengan FIB Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung akan menyelenggarakan acara diskusi dan pelatihan bertema budaya dan teknologi.

Acara akan dilaksanakan di Pendopo Darmokusumo Desa Dermaji, Jumat (30/8/2019).

Kegiatan diskusi dan pelatihan akan dilakukan dalam dua sesi.

Sesi pertama akan membahas soal toponimi (nama-nama tempat) berbahasa Sunda yang ada di wilayah Desa Dermaji. Membedah nama-nama tempat dapat menjadi salah satu cara untuk menelusuri sejarah dan budaya lokal.

Pada sesi ini akan hadir Prof. Dr. Cece Sobarna, guru besar FIB UNPAD sebagai narasumber. Prof. Sobarna telah melakukan penelitian terkait toponimi ini bertahun-tahun dengan lokus wilayah Jawa Tengah yang berbatasan dengan wilayah Jawa Barat, termasuk Desa Dermaji dan sekitarnya.

Kemudian sesi kedua akan diisi dengan workhsop bertema pemanfaatan qr code dalam kehidupan sehari-hari. Hadir sebagai narasumber, yaitu Supriyanto, penulis e-book QREASI: QR Code Made Easy.

Acara akan dihadiri oleh unsur-unsur pendidik, kelompok informasi masyarakat, kader pembangunan desa, penggiat desa, peminat pengembangan teknologi informasi, Pendamping Desa, tokoh masyarakat, Camat Lumbir, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyumas, Dinas Pemuda Olah Raga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Banyumas, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas, dan lain-lain.

14 Shares