image

Untuk meningkatkan kapasitas dan pemberdayaan Linmas di wilayah Desa Dermaji, Polres Banyumas melalui Sat Binmas mengadakan pembinaan. Bertempat di aula Balai Desa Dermaji, Kamis (17/03) Linmas Desa Dermaji yang berjumlah 36 personil hadir mengikuti pembinaan tersebut. Dermaji yang terbagi menjadi 2 wilayah dusun dirasa perlu untuk meningkatkan kordinasi antar Linmas dengan pemerintah desa dan juga dengan masyarakat.

KBO Sat Binmas,  Iptu Sudiyono, SH dalam pengantarnya mengatakan bahwa, Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta ketrampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Iptu Suparno dalam paparannya menegaskan bahwa Tugas Pokok Hansip/Linmas adalah Sebagai kekuatan rakyat yang terlatih mempunyai tugas pokok membantu dan memperkuat pelaksanaan di bidang perlindungan masyarakat serta membantu tugas Polri dalam tugasnya dibidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Selain Tugas Pokok, Linmas juga mempunyai Fungsi Utama yaitu Melindungi masyarakat, membantu menanggulangi serta mengurangi / mengatasi akibat dari bencana yang ditimbulkan oleh perang / gangguan keamanan dan akibat bencana alam serta bencana – bencana lainnya, terhadap kerugian jiwa dan harta benda”, lanjut Iptu Suparno.

Selain bimbingan materi, Linmas juga dibekali bimbingan teknik tentang cara baris berbaris yang di pandu oleh Aipda Siswo Handono. Kegiatan digelar sampai pukul 12.00 wib. Kadus I Dermaji, Heru Susanto mengharapkan bahwa dengan adanya pembinaan ini, Linmas nantinya bisa melakukan konsolidasi internal agar mampu menyusun dan mengorganisir regu masing-masing.