image

DERMAJI.DESA.ID – Pembangunan cekdam sungai Dermaji yang telah direncanakan sebelumnya oleh Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy (BBWS Citanduy) pada akhir bulan Maret ini telah memasuki tahap pengedropan material. Beberapa material, terutama batu nampak sudah menumpuk di sekitar lokasi yakni di komplek lapangan voley Kedawung.

Menurut pelaksana proyek dari CV Fortuna, pengederopan material terus akan dilakukan sampai bulan April dan kemudian setelah itu baru diturunkan alat berat. Diperkirakan untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan memakan waktu selama 240 hari kalender.

Pembangunan  cekdam sungai Dermaji menelan biaya sebesar Rp. 1.532.999.000,00. Anggarannya bersumber dari Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Besar Sungai Citanduy.

Sungai Dermaji merupakan salah satu anak dari sungai Citanduy. Pembangunan cekdam sungai Dermaji mempunyai beberapa tujuan, yakni, pertama untuk memperlambat aliran sedimen lumpur sehingga dapat mengatasi proses pendangkalan sungai Citanduy. Kemudian yang kedua, pembangunan cekdam sekaligus juga bisa bermanfaat bagi masyarakat seperti dapat digunakan untuk mengaliri sawah dan kolam yang ada di sekitar lokasi (Nasikin).