image

DERMAJI.DESA.ID – Pelatihan Teknologi Tepa Guna (TTG) dan Sertifikasi Pangan Industri Rumah Tangga Tingkat Kabupaten Banyumas Tahun 2016 (5/4/2016) diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas khususnya Pokja 3 bertempat di Sasana Wilis. Peserta berasal dari semua kecamatan di Banyumas berjumlah 75 orang diantaranya 2 orang pelaku industri rumah tangga perwakilan dari tiap kecamatan. Desa Dermaji merupakan salah satu peserta  yang ikut dalam pelatihan tersebut mewakili Kecamatan Lumbir.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas, Ibu Erna Ahmad Husein dalam sambutannya mengatakan pelatihan ini diadakan dengan harapan pelaku TTG bisa menerapkan dan meneruskan ilmunya kepada yang lain sehingga selain bisa menjawab persaingan industri perdagangan juga mampu menjaga cita rasa hasil olahan . Makanan harus layak dikonsumsi manusia dari proses pengolahan sampai pengemasan dengan penanganan yang benar karena apabila tidak hygienis dapat menjadikan sumber penyakit yang merugikan kesehatan.

Materi pelatihan antara lain keamanan pangan, bahan tambahan pangan, larangan produsen pangan, pedoman pemberian sertifikat produksi pangan industri rumah tangga (SPP-IRT) dan manfaat yogurt dan kefir bagi kesehatan. Narasumber berasal dari Fakultas Peternakan Unsoed dan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, Seksi farmasi dan makanan minuman dan alat kesehatan juga tim penyuluhan keamanan pangan.

Pelatihan ini mempunyai maksud dan tujuan antara lain untuk meningkatkan industri  rumah tangga, mendorong dan mengelola home industri dan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Karena SPP-IRT merupakan jaminan tertulis syarat untuk ijin edar pangan yang diterbitkan oleh Bupati/walikota setempat kepada produksi IRT. Akan tetapi khusus Banyumas SPP-IRT diterbitkan oleh Dinkes kabupaten Banyumas dan masa berlakunya selama 5 tahun. (Wiji Mamie)