Kepala UPK Lumbir, Haryoto, sedang memberikan materi pada pelatihan peningkatan kapasitas kader Pos PAUD di Balai Desa Dermaji

Kepala UPK Lumbir, Haryoto, sedang memberikan materi pada pelatihan peningkatan kapasitas kader Pos PAUD di Balai Desa Dermaji

Keberadaan Pos PAUD di Desa Dermaji yang sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Di Desa Dermaji Pos PAUD dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di tujuh wilayah RW.

Dengan melihat potensi semacam itu maka sudah selayaknya dukungan terhadap Pos PAUD yang ada di Desa Dermaji perlu diberikan, sehingga Pos PAUD yang ada bisa lebih optimal dalam rangka memberikan rangsangan bagi anak usia dini. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk memenuhi tujuan itu adalah dengan meningkatkan kapasitas pengelola/kader/tutor Pos PAUD. Kebutuhan itu sangat dirasakan betul karena para pengelola/kader/tutor Pos PAUD memang jarang memilki kesempatan mengikuti pelatihan-pelatihan pengelolaan Pos PAUD.

Dengan latar belakang seperti itulah Pemerintah Desa Dermaji berinisiatif mengadakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Pos PAUD. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari (08-09/03/2014) dengan jumlah peserta 20 orang dari 7 (tujuh) Pos PAUD. Pelatihan dibuka oleh Camat Lumbir, Wisnu Budi Santoso dengan tujuan . Tujuan pelatihannya adalah untuk:

1. Meningkatkan kemampuan kader dalam pengelolaan Pos PAUD

2. Meningkatkan kemampuan kader dalam proses pembelajaran terhadap anak usia dini di Pos PAUD

3. Menumbuhkan serta meningkatkan inovasi dan kreativitas kader dalam proses pembelajaran anak usia dini di Pos PAUD

4. Meningkatkan kesadaran kader Pos PAUD tentang pentingnya pendidikan usia dini.

Harapan yang diinginkan dari Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Pos PAUD yaitu:

1. Kader mampu mengelola Pos Paud dengan baik

2. Layanan pendidikan luar rumah terhadap anak usia dini yang dilakukan Pos PAUD bisa lebih optimal

3. Tumbuhnya inovasi dan kreativitas dari kader Pos PAUD dalam mendampingi anak usia dini.

Proses pelatihan berjalan sangat baik dilihat dari semangat para peserta dan juga narasumber maupun kepanitiaan. Hal ini bisa dilihat dari jawaban peserta pada lembar evaluasi yang berisi tingkat kepuasan peserta, harapan, kendala dan telah terbentuknya kepengurusan Himpaudi tingkat desa.

Diantara harapan yang muncul dari lembar evaluasi adalah terus diadakannya pelatihan secara berkala dan pertemuan rutin antar kader Pos PAUD yang di fasilitasi oleh Pemerintah Desa. Selain itu, diharapkan juga agar Pemerintah Desa ikut mendukung proses regenerasi kader Pos PAUD karena selama ini pengelola merasa kesulitan mencari orang mau menjadi kader Pos PAUD. Pelatihan ditutup oleh Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho pukul 17.00 Wib. (Yhon)