LINMASDERMAJI.DESA.ID – Untuk meningkatkan Kapasitas  Anggota Linmas, Pemerintah Desa Dermaji mengadakan pelatihan. Kegiatan digelar pada Senin (26/09/2016).  Maksud dari kegiatan ini adalah untuk mengoptimalisasi keberadaan linmas di tengah-tengah masyarakat. Linmas diharapakan mampu melakukan pendekatan yg persuasif, edukatif dan parsitipatif dalam masyarakat.

Tugas pokok dan fungsi linmas misalnya dalam penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak Pengamanan Swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah desa.

Camat Lumbir, Budi Nugroho, S. STP., M.Si. dalam sambutannya mengatakan bahwa Indikator suksesnya pelatihan linmas adalah : (1) Meningkatnya kualitas SDM Linmas, (2) Menguatnya kelembagaan dan peran serta Linmas, (3) Meningkatnya ketahanan masyarakat yang demokratis, (4) Meningkatnya Kesiap-siagaan Satuan Linmas dan masyarakat dalam penanggulangan bencana, ketentraman dan ketertiban umum dan (5) Meningkatnya kualitas pelayanan dan sumber daya pendukungnya dalam perlindungan masyarakat.

Narasumber lain yang ikut memberikan materi adalah Rian dari Bhabinkamtibmas, Misto dari Babinsa dan Wahyu Cahyoko dari Tagana. Sinergitas antar pemateri membuat suasana pelatihan lebih kreatif dan interaktif.

Kegiatan Pelatihan diakhiri dengan latihan Baris Berbaris yang gelar di lapangan volly ball Kedawung dengan di pandu dari Polsek dan Koramil.