Serah Terima PamsimasDesa Dermaji Kecamatan Lumbir merupakan salah satu desa di Kabupaten Banyumas yang mendapatkan Program Pamsimas. Karena sasaran dari program ini adalah desa-desa atau daerah yang mempunyai masalah terkait dengan air minum dan sanitasi. Proses perencanaan kegiatan yang diawali pada tanggal 01 Juni 2015 telah diserahterimakan pada hari ini Kamis (31/03) melalui Musyawarah Desa Serah Terima di Pendopo Darmokusumo Desa Dermaji.

Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho dalam sambutannya mengapresiasi kerja Satlak yang setelah sekian lama dan melalui proses yang panjang akhirnya bisa menyelesaikan kegiatan ini. Kepala Desa juga berpesan bahwa dengan adanya air bersih berbasis masyarakat ini diharapkan kepada masyarakat untuk meningkatkan Pola Hidup Bersih dan Sehat demi terwujudnya Desa Dermaji Sehat. Bayu juga menegaskan bahwa untuk penambahan jaringan pipa ke rumah warga sudah dimasukan dalam APBDesa Dermaji Tahun 2016 melalui Dana Desa.

Supriyatno, ST selaku DPMU Kabupaten Banyumas juga merasa lega dan mengucapkan terima kasih atas kegiatan serah terima Program Pamsimas pada hari ini. Selaku fasilitator, Supriyatno juga berpesan agar masyarakat selalu menjaga kesehatan, agar masyarakat Desa Dermaji terbebas dari penyakit.

Dana untuk kegiatan Pamsimas di Desa Dermaji mencapai Rp. 262.500.000,00. Dana tersebut sebagian besar bersumber dari APBN dalam bentuk Bantuan Langsung Masyarakat (BLM), yakni Rp. 210.000.000,00. Dan sebagian lainnya berasal dari swadaya atau partisipasi masyarakat yang berupa In-chas sebesar Rp. 10.500.000,00 dan In-Kind sebesar Rp. 42.000.000,00.

Ketua BP-SPAMS, Risharyanto, selaku penerima kegiatan berkewajiban melakukan pemeliharaan dan pengembangan terhadap infrastruktur yang sudah terbangun dan melakukan pelatihan yang berhubungan dengan kegiatan BP-SPAMS kepada pengurus BP-SPAMS secara berkala. Oleh karena itu BP-SPAMS berkewajiban melakukan penarikan iuran terhadap masyarakat.