image

Karang taruna adalah sebuah organisasi pemuda yang bergerak dibidang sosial dan berada dibawah naungan Kementerian Sosial RI. Karang taruna di desa kami pertama kali dibentuk oleh Mahasiswa KKN Unsoed pada sekitar tahun 1980 an. Sampai saat ini karang taruna kami masih tetap ada dan bermetamorfosis menyesuaikan dengan perkembangan jaman.

Bagi kami karang taruna mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembangunan desa. Kami sering berkiprah menjadi inisiator sekaligus pelaksana berbagai kegiatan, mulai dari kegiatan keagamaan, sosial, pendidikan, olah raga, kesenian, kewirausahaan, dan lain-lain.

Selama ini kegiatan kami didanai oleh sistem koperasi yang kami terapkan di organisasi kami. Ada kegiatan simpan pinjam yang kami selenggarakan setiap rapat pertemuan anggota. Untuk perputaran modal koperasi, hingga saat ini sudah mencapai sekitar 80 juta rupiah.

Dari sisa hasil usaha kegiatan simpan pinjam, kami bisa mendirikan sebuah gedung, membeli sebidang tanah dan juga mempunyai peralatan sewa tratag dan juga papan panggung. Kami juga mempunyai alat musik berupa Organ Tunggal yang sering dipergunakan dalam kegiatan pentas seni.

Semua itu kami lakukan dengan tujuan untuk meningkatkan peran generasi muda dalam kemasyarakatan dan juga mengarahkan agar para pemuda selalu menjadi pelopor dalam kebaikan dan tidak terjerumus ke dalam kegiatan yang tidak bermanfaat dan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Bagi kami karang taruna sangatlah bermanfaat. Tidak ada alasan bagi para pemuda untuk tidak mau bergabung dengan karang taruna.

ADHITYA KARYA MAHATVA YODHA KARANG TARUNA

Penulis: Haryono, Pengurus Karang Taruna Bima Sakti 4 Sirongge