balai pertemuan rw3 desa dermaji

Balai Pertemuan RW 3

Masyarakat RW 3 Desa Dermaji Kecamatan Lumbir sebentar lagi akan memiliki sebuah Balai Pertemuan yang bisa digunakan sebagai tempat musyawarah warga. Balai pertemuan yang mulai dibangun pada bulan ramadlan tahun ini (2012) hingga saat ini pelaksanaannya sudah mencapai 70% dari rencana. Balai Pertemuan yang terletak di wilayah RT 04 RW 3 Grumbul Karangjambu itu memiliki luas kurang lebih 100 meter persegi.

Bambang Karyono, Ketua RW 3, mengatakan bahwa Pembangunan Balai Pertemuan memang telah menjadi program prioritas RW 3 sejak 2010. Untuk pembangunan Balai Pertemuan dibutuhkan dana kurang lebih 80 juta sudah termasuk untuk pembelian tanahnya dan sebagian besar dana tersebut berasal dari iuran masyarakat. Sumber lain ada dari Pemerintah Desa Dermaji yang diambil dari dana ADD sebesar 14 juta rupiah, lanjut Bambang.

“Dengan berdirinya Balai Pertemuan RW 3, saya berharap warga bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya, khususnya sebagai tempat musyawarah. Balai Pertemuan nantinya tidak hanya digunakan untuk musyawarah pengurus RW saja, tetapi organisasi-organsiasi lain yang ada di wilayah RW 3, seperti PKK RW, Kelompok Tani dan sebagainya bisa memanfaatkan Balai Pertemuan tersebut”, ungkap Bambang.

Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho membenarkan, Pemerintah Desa Dermaji telah memberikan bantuan keuangan kepada RW 3 untuk Pembangunan Balai Pertemuan sebesar 14 juta yang diambil dari dana ADD. Bayu menambahkan bahwa tingkat keswadayaan dan kegotongroyongan warga masyarakat Desa Dermaji tergolong tinggi.

“Di Dermaji ada 7 RW dan masing-masing RW telah mempunyai Balai Pertemuan sendiri yang dibangun secara swadaya. Bahkan di RW V dan VI bangunan Balai Pertemuannya berlantai 2. Warga masyarakat di Dermaji memang dikenal ‘guyub’ dan semangat membangunnya cukup tinggi”, tegas Bayu.

0 Shares