Suasana Musyawarah RW 1

Suasana Musyawarah RW 1

Berbagai upaya untuk mewujudkan kesejahteraan terus diupayakan oleh warga masyarakat Desa Dermaji. Demikian juga yang dilakukan oleh masyarakat di wilayah RW 1. Untuk mempercepat tercapainya kesejahteraan keluarga, Minggu (2/8/2015), masyarakat di wilayah RW 1 membentuk Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya).  Kegiatan pembentukan Posdaya diinisiasi oleh Mahasiswa KKN Unsoed Purwokertodan dilakukan di Balai Pertemuan RW.

Posdaya adalah forum silaturahmi, advokasi, komunikasi, informasi, edukasi dan sekaligus bisa dikembangkan menjadi wadah koordinasi kegiatan penguatan fungsi-fungsi keluarga secara terpadu. Posdaya memiliki peran yang sangat strategis untuk mendorong pencapaian Millennium Development Goals (MDGs).

Pembentukan Posdaya di wilyah RW 1 dihadiri unsur-unsur Pemerintah Desa, BPD, Kader PKK, KaderPosyandu, Kader Pos Paud, RW, RT dan tokoh masyarakat. Para peserta yang hadir menyepakati memberikan nama “Posdaya Rahayu” untuk Posdaya di wilayah RW 1 itu.

Selain pemberian nama Posdaya, para peserta juga menyepakati susunan pengurus. Pengurus yang telah terbentuk kemudian langsung menyusun program kerja untuk lima tahun ke depan. Program kerja diarahkan untuk melakukan penguatan terhadap empat aspek penting yang terkait dengan pencapaian kesejahteraan, yaitu ekonomi atau kewirausahaan, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan.