Dermaji adalah sebuah desa yang berada jauh dari kota kecamatan maupun kota kabupaten. Jarak antar wilayah RW juga sangat jauh dengan medan yang relatif sulit. RW 07 Karang Gedang di ujung timur akan memakan waktu lebih dari satu jam berkendaraan jika akan ke RW 06 Pangkalan di ujung barat. Di sinilah muncul gambaran bahwa akan terjadi permasalahan waktu  bila pemerintah desa tidak menyikapinya dengan bijak. Sebagai contoh, seandainya ada masyarakat yang hanya ingin mengetahui data potensi desa, tidak perlu langsung ke desa tapi cukup membuka sistem informasi desa.

Inilah salah satu faktor yang mendorong Pemerintah Desa Dermaji menerapkan Sistem Informasi Desa berbasis Internet. Dengan sistem ini diharapkan bisa menunjang kinerja pemerintah desa dalam menangani berbagai masalah di masyarakat secara cepat dan tepat. Juga informasi desa dapat diakses oleh seluruh masyarakat.

Diharapkan nantinya pemerintah desa bisa memberikan segala informasi apapun lewat sistem informasi desa dan masyarakat tinggal mengklik, langsung muncul berbagai data dan informasi tentang desa yang dibutuhkan. Alangkah ideal manakala SID ini sudah maksimal di kelola. Dalam SID nantinya  bisa mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, membantu dan mendukung kegiatan operasi pemerintah desa dan membantu memermudah penyediaan laporan yang diperlukan.

Sistem informasi adalah data yang kumpulkan, di kelompokan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi satu kesatuan informasi. Kesatuan informasi ini saling mendukung sehingga menjadi informasi yang berharga bagi yang menerima. Informasi bisa dari relawan/jurnalisme warga maupun dari pengelola website, intinya sistem informasi ini adalah sistem yang menerima masukan data/berita dari berbagai pihak yang nantinya dikelola dan akhirnya bisa diakses oleh masyarakat luas dengan tujuan meningkatkan pelayanan, meningkatkan efektivitas agar keuntungan dari sistem ini lebih besar dari biaya yang dikeluarkan.  (yhon Ctgl)