Petani Dermaji tengah panen

Petani Dermaji tengah panen

Menjadi salah satu desa agraris di Kecamatan Lumbir, Dermaji memiliki lahan pertanian yang cukup memadai. Lahan pertanian ini terdiri dari lahan basah (sawah) dan lahan kering (pekarangan dan tegalan). Lahan pertanian basah produktif tersebar di seluruh wilayah RW 1 s/d RW 7 yang saat ini hampir semuanya ditanami padi.

Maret adalah bulan panen padi di Desa Dermaji. Kegiatan ini sudah dimulai sejak awal bulan. Komoditas pertanian yang di tanam di lahan sawah tersebut hampir semuanya adalah tanaman padi. Panen padi diawali diwilayah RW 1 Jemblongan yang juga dihadiri oleh PPL Kecamatan Lumbir, Panuju didampingi oleh Babinsa Desa Dermaji, Misto. Maksud kehadirannya adalah untuk menentukan tingkat keberhasilan panen di wilayah Desa Dermaji secara acak (random).

Dari hasil sampel tersebut diketahui bahwa, panen di Desa Dermaji pada saat ini cukup bagus, yang jelas lebih bagus dari tahun lalu. Seperti diungkapkan oleh Ny. Suparjo warga RW 1, bahwa” panen padi kali ini lebih banyak hasilnya karena hama tanaman yang biasanya mengganggu, sekarang dapat dihindari”.

Perlu diketahui bahwa, selain menggarap sawah di wilayah desa Dermaji, petani di wilayah Kadus II Citunggul (Sirongge, Citunggul, Pangkalan) khususnya juga banyak yang memiliki lahan di Desa Cingebul Kecamatan Lumbir dan di Wilayah Kecamatan Karangpucung. Kebetulan musim panen juga dilaksanakan pada Minggu ini. Hal inilah yang menjadikan konsetrasi tenaga produktif sekarang terfokus pada panen padi.  Semoga ke depan Desa Dermaji bisa menjadi desa yang maju dengan optimalisasi peran di sektor pertanian. (Yhon Ctgl)

0 Shares