Gambar 1. Pelaksanaan Sosialisasi bersama Salah Satu Warga Desa Dermaji

DERMAJI.DESA.ID, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro melaksanakan sosialisasi pengelolaan sampah sederhana secara door to door menggunakan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) di Desa Dermaji, Kecamatan Lumbir, Banyumas (13 -16 Juli 2021).

Pengelolaan sampah prinsip 3R adalah sistem pengelolaan sampah dengan menerapkan 3 langkah sederhana yaitu Reduce (mengurangi timbulan sampah), Reuse (menggunakan kembali barang), dan Recycle (mendaur ulang barang yang tidak dipakai). Pengelolan ini dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja (setiap hari), dimana saja, dan tentunya tanpa biaya.

Sampah yang dibiarkan tanpa adanya pengelolaan dapat menimbulkan berbagai permasalahan pada kesehatan manusia dan lingkungan. Seperti mengurangi nilai kebersihan dan keindahan, mengurangi kenyamanan, menjadi media penularan penyakit, menurunkan kualitas lingkungan (pencemaran udara, tanah dan sumber air), dampak polutan B3, dan sebagainya. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengelolaan sampah yang dilakukan oleh  masyarakat. Salah satu yang dapat diterapkan adalah prinsip 3R yang disosialisasikan oleh mahasiswa KKN Undip.

Kegiatan sosialisasi ini memiliki tujuan agar warga Desa Dermaji khususnya RW 01 dapat bertambah wawasannya terkait pengelolaan sampah, dapat menerapkan prinsip 3R secara mandiri, dan mengurangi timbulan sampah.

Kegiatan sosialisasi kepada warga Desa Dermaji ini menjelaskan tentang permasalahan sampah yang terjadi, pentingnya pengelolaan sampah, pengertian pengelolaan sampah 3R, dan cara serta contoh penerapan yang dapat dilakukan di kehidupan sehari-hari.

Mula-mula, sosialisasi dilakukan dengan metode memperlihatkan video permasalahan sampah yang terjadi dilanjutkan dengan media poster untuk menjelaskan pengelolaan sampah prinsip 3R dan contoh penerapannya dalam kehidupan. Contoh penerapan 3R sendiri misalnya penggunaan totebag/ tas belanja, botol minum, mengurangi pembelian barang sekali pakai, dan sebagainya. Termasuk mendaur ulang kain perca menjadi bros (yang dipraktikkan oleh peserta KKN dengan hasil pada foto dibawah).

Gambar 2. Hasil Contoh Penerapan Prinsip 3R

Dengan adanya sosialisasi ini kami harap masyarakat khususnya RW 01 Desa Dermaji dapat mulai menerapkan prinsip 3R tersebut dalam kehidupan sehari-hari sehingga membantu dalam menyelesaikan permasalahan sampah.

Penulis                          : Devi Nurkhayati

Dosen Pembimbing       : Dr.rer.nat Thomas Triadi Putranto, S.T., M.Eng.

0 Shares